Minggu, 25 Maret 2018

Hikmah Anugerah Kedua (Persalinan Maryam)

Hikmah Anugerah kedua

Euforia kebahagiaan lahirnya anak kedua kami masih terasa sampai sekarang. Betapa kami mensyukuri anugerah kedua ini. Namun aku baru tersadar saat kilas balik, ada ‘sesuatu’ yang terjadi di kehamilan hingga persalinan ini.

Sejak anak pertama berhasil disapih pada usia nya 2 tahun 2 bulan, tiba-tiba saja bayi kecilku seolah menjelma menjadi ‘anak besar’, tak lama kemudian ada rasa rindu menyusui lagi, menyentuh, memeluk dan memandangi wajah polos bayi saat menyusui, menciuminya yang setengah sadar mau tidur setelah kenyang menyusu, ah moment yang membahagiakan sekali. Ya Allah izinkan lagi hamba menerima anugerah mu.. 

Cukup dramatis menanti kehamilan kedua ini, sempet jadi sangat sensitif, habis TP udah beberapa tapi masih segaris juga. Udah mikir yang aneh-aneh apa ada masalah kesehatan reproduksiku? 
Saking kepikiran jadi ga enak badan sampe BB turun 3 kg, kebetulan juga saat itu bulan puasa. Sempet telat 2 minggu, kirain hamil eh ternyata haid, tapi kok haid cuma sehari yak? Hmmm 

Suami nasehatin buat santai aja, jangan negatif mulu, InsyaAllah semua baik-baik saja dan akan ada saat yang tepat yang dipilihkanNya. Sampai saatnya menjelang lebaran kami mau mudik. Sebelum ke bandara Aq masukan beberapa obat herbal ke tas terus becanda sama suami, eh jangan salah bawa obat nih ga tau nya udah hamil, liat ada TP belum di pake , kupikir hal ada salahnya dicoba aja. Dannn ternyata dengan cepat langsung 2 garis, jelas banget ! Wow kaget seneng campur khawatir. Teringat kalo aku sempet keluar darah, apa itu bukan haid ? Apa aku keguguran? Berhubung ga mungkin lagi cek ke dokter di medan karna kami harus mudik, jadi di taksi menuju bandara aku reservasi dokter di palembang via telepon. 

Mendarat di palembang, kami ke mushola dulu buat shalat Dzhuhur sekalian ketemu sama temen lama yang nganterin pesenan kurma Muda ku, aku pesen sebelum mudik buat ikhtiar hamil. Dari bandara kami langsung ke RS. Saat USG, dokternya manggil suami sambil dengerin bunyi denyut jantung dan bilang ‘Sudah 2 bulan bu’
Aku seneng banget tapi masih bingung tapi kok saya haid ya? Dokternya senyum jelasin kalo darah yang keluar itu salah satu tanda kehamilan karna proses implantasi embrio. Maafkan daku yang awam ini dok, hehe

Alhamdulillah ya Allah..
Kabar baik ini bener-bener jadi obat, tadinya badan lemes jadi segar bugar malah sanggup nerusin puasa, tadinya ga selera makan malah jadi selera. Selama hamil Sanggup juga terbang keluar kota berapa kali buat silaturahim sodara di PangkalPinang, ke jakarta untuk urusan bisnis umroh, sama kondangan temen kantor di Banda Aceh 3 bulan berurut-turut , Alhamdulillah Allah mudahkan. 

Kehamilan baru masuk TM 2 saya mulai bahas rencana persalinan sama suami. Dan wacana VBAC juga jadi pertimbangan. Tadinya info tentang vbac ini hanya sepintas lalu saya dapat sampai saya ada teman yang mengundang acara Hikmah Kisah Maryam Bidan Mugi, disanalah saya sangat sangat terinspirasi untuk melahirkan normal, dan tentu saja VBAC karna riwayat sc pada persalianan pertama. 

Wacana Vbac ini juga didukung penuh oleh suami, dan dokter langganan kantor yang saya temui di medan pun ternyata adalah dokter pro normal dan sudah pengalaman menangani pasien VBAC yang 90% berhasil. Saat saya tanya apa persiapan yang harus saya lakukan , dokter hanya menjawab siapkan mental. Mengingat isu bahwa vbac beresiko tinggi maka akhirnya saya berusaha cari tahu sendiri demi suksesnya cita-cita VBAC. Tanpa saya sadari ada banyak perubahan positif selama kehamilan ini.

Tadinya tidak rajin baca, jadi rajin baca buku-buku terkait hamil, persalinan plus baca artikel-artikel di website, medsos dari sumber manapun.

Tadinya tidak pernah olahraga, jadi rutin senam hamil, gerakan shalat, yoga, jalan kaki, pijat, gymball, pokoknya bergerak, apapun gerakan yang bisa membantu meringankan keluhan selama hamil, mengoptimalkan posisi janin dan memperlancar persalinan. 

Tadinya makan pilih-pilih, banyak jajan sembarangan, jadi lebih memilih makan makanan sunnah, karna yakin akan menjadi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan juga memperlancar persalinan terutama buah kurma, yang jelas terbukti sudah ada penelitiannya.

Tadinya jago mikir negatif, jadi berlatih afirmasi positif setiap hari, walaupun kadang masih cengeng, Sensi , emosi labil mungkin faktor hormon (alasan 😅) tapi paling tidak jauh lebih tenang dan mudah menenangkan diri. Jadi punya energi positif.

Tadinya males ibadah sunnah, jadi terasa lebih ringan karna banyaknya yang mau diminta sama Allah (pas ada maunya aja rajin , Astaghfirullah..).

Bahkan saya yang dari dulu selalu kesulitan menulis, sekarang bisa memposting ini sebagai jawaban untuk pertanyaan teman-teman tentang proses VBAC saya. Lumayan menyalurkan 20.000 kata ke tulisan jadi ngomel-ngomel nya berkurang ☺️.

Dan Allah sesuai prasangka hambaNya, Allah Maha pengabul doa, Allah lah penolong , dengan Kasih sayang Nya mewujudkan apa yang diharapkan. Alhamdulillah, begitu banyak anugerah yang Allah berikan.

Dan ternyata manusia bisa berubah karna motivasi yang kuat. Semoga semua buibu yang ber azzam VBAC, Allah mudahkan jalannya. Aamiin



Medan,
_Farah_ 
*sambil ngemong baby Maryam. 😘

1 komentar:

  1. Mbak, maaf mau tanya. Kemarin lahiran dimana, dan dgn dokter siapa ya? Trims salam kenal mbak

    BalasHapus