Sabtu, 24 Maret 2018

Kisah VBAC Farah

Kisah VBAC Farah _Ibuk Gibran&Maryam_

Alhamdulillah tgl 07 Februari 2018 saya melahirkan per vaginam anak kedua kami (BB 3,74 kg PB 51 cm) lewat HPL (41w). Persalinan yang katanya berisiko tinggi karna 3,5 thn lalu saya SC untuk lahiran anak pertama (BB 3,1kg PB 50cm). Banyak yang bertanya bagaimana kiatnya sukses VBAC. Jawaban nya itu Qadarullah, atas izin Allah ArRahman ArRahim yang memudahkan. Tapi saya akan berbagi ikhtiar apa saja yang saya lakukan dalam rangka memantaskan diri agar cita-cita VBAC terwujud. 

Kiatnya selain berdoa & perkuat ibadah adalah  BERDAYAKAN DIRI dengan belajar dan bergerak. Cari tau informasi sebanyak mungkin terkait persalinan normal, Gentle Birth, VBAC dsb. Referensi saya adalah 

1. Bidan Mugi Rahayu, ikut acara Hikmah Kisah Maryam, baca buku Persalinan Maryam ( cek di akun FB nya). Konsepnya persalinan alami dan Islami.

2. Bidan Yessi Aprilia, ahli Gentle Birth, sering baca artikel di website Bidankita.com, follow akun IG (ada FB juga), dan baca bukunya ‘Bebas takut hamil& melahirkan ‘+ buku ‘catatan Ayah super’. 

3. Amani Birth, lebih dari Gentle Birth, mereka punya pelatihan couple dan doula profesional. Penggagasnya Aisha seorang warga AS yang sejarang tinggal di Saudi, bisa buka website, akun IG dan baca buku nya Amani Birth (Alhamdulillah sudah tersedia terjemahan bahasa Indonesia).

4. Bidan Eka Sri Wahyuni, ahli hipnobirthing di Medan, sempat ikut kelas senam hamil sekali dan follow akun Fb+IG nya. Bisa juga privat untuk trauma healing.

5. Page Fb VBAC Tanya Saya, banyak banget sharing tentang VBAC, ada juga cerita sukses vbac di website Kisahvbac.com

6. Searching dan baca artikel di Google ataupun video di YouTube apapun terkait hamil, melahirkan, Gentle Birth, vbac, senam hamil, prenatal yoga dsb. 


Catatan penting saya dari berbagai referensi tersebut adalah
1. Pernyataan ‘sekali sc seterusnya sc’ itu tidak benar sama sekali! 
Malah Operasi SC berulang lebih tinggi resiko nya daripada VBAC. Jika operasi secara teori kebanyakan dokter membatasi maksimal sampai 3x sc. Yang niat punya anak lebih dari 2 saya sarankan usaha VBAC ya, biar memperkecil resiko, dan menambah peluang punya anak selanjutnya ☺️. Faktanya sudah banyak yang berhasil VBAC bahkan VBA2C.

2. Kebanyakan operasi SC terjadi karna intervensi medis di RS dan si ibu yang kurang berdayakan diri jadi pasrah aja. Seperti pengalaman saya dulu. Ternyata banyak prosedur RS yang sebenarnya tidak diperlukan untuk ibu yang bersalin, yang malah menghambat kemajuan persalinan dan berujung sc, bahkan ada isu bahwa persalinan sudah jadi’bisnis’ karna biaya nya tentu saja jauh lebih besar daripada persalinan per vaginam/normal. 

3. Jika Ibu hamil berdayakan diri, ternyata persalinan normal bisa diusahakan , ada cara untuk mengoptimalkan posisi bayi, ada cara mengatasi janin sungsang, ada cara mengelola rasa sakit kontraksi, gimana biar perinium ga robek tanpa jahitan ada juga caranya, dsb, semua ada ilmunya jika si ibu mau belajar. Dan yang pasti harus yakin bahwa Allah menciptakan tubuh wanita sangat sempurna dan siap untuk mengalami persalinan secara normal. 

4. Punya niat kuat sangat penting, jangan setengah2, jangan ragu2, yakinkan juga keluarga terutama dapatkan ridho suami, karna ada temen saya yg suamimya ga izinkan VBAC , dan banyak juga temen yg sc atas permintaan suami. Makanya harus perluas wawasan biar jadi amunisi yang kuat untuk meyakinkan keluarga bahwa kita mau berusaha VBAC. Dan siap2 hunting dokter/bidan yang pro normal/pro vbac/pro ASI.


Alhamdulillah proses VBAC saya tergolong cepat dan mudah. Selama hamil kedua saya makannya apa aja ga ada pantangan, sempat turun 3 kg di TM 1, males minum susu , sering jajan πŸ˜… tapi InsyaAllah dinetralkan dengan konsumsi makanan sunnah sebagai  nutrisi hamil, kurma habis sekitar 4kg, kismis 2kg, zamzam 5liter, madu 2kg( ini sih karna emang doyan juga sekeliarga 😁)plus buah2an tiap hari waktu itu musim mangga, sama rajin minum kelapa muda. Sejak TM 2 sudah banyak keluhan fisik, apalagi kerja di lantai 3 naik turun tangga (ga ada lift). Keluhan fisik pegel, kram dsb bisa diatasi dengan rajin senam. Kalo males senam bisa pake gerakan shalat ruku, sujud, duduk tawaruk yg optimal seperti diajarkan bidan Mugi atau bisa juga dengan gymball (jika posisi kepala bayi sudah dibawah).

1 bulan sebelum HPL saya sudah cuti dari kantor, jadi lebih fokus persiapan, sehari bisa senam/prenatal yoga 3x di rumah modal YouTube, paling sering main gymball aja, ikut kelas senam diluar cuma 2x, kalo mau  sih bisa ikut senam hamil di RS. Menjelang HPL baru rajin jalan pagiπŸ˜…. Rajin afirmasi positif, pijat endorfin, accupresure , makan buah2an dll, pokoknya laluin semua trik induksi alami.

Kalo dihitung dari HPHT maka HPL adalah tgl 30 jan 2018 tapi dokter ngasih due date tgl 02 feb 2018.
Alhamdulillah Allah pertemukan dengan dokter muslimah yang pro banget, dari awal beliau tidak janjikan pasti bisa VBAC tapi beliau bilang bisa diusahakan dengan banyak syarat dan penilaian. Beliau sabar banget sampe bisa bantu saya VBAC di minggu ke 41πŸ˜…. Betah adek nya di dalem 😁 
Nah karna sudah pernah sc jadi tidak boleh lagi induksi, semua harus alami! Untungnya bisa memenuhi persyaratan, Tebal rahim diatas 3mm, jarak lahir anak pertama 3 thn lebih, posisi janin optimal, plasenta bagus, ketuban cukup, berat janin 2,9kg lebih rendah dari anak pertama 3,1kg.

Kronologinya ya
Tgl 02 feb 2018 
periksa ke dokter belum ada bukaan sama sekali, kontraksi palsu juga masih jarang. Hasil USG ketuban, ,plasenta, denyut janin masih baik dan harus cek per 3 hari. 

Tgl 03 -04 feb 2018
keluar flek, kontraksi palsu

Tgl 05 feb 2018
keluar darah, kontraksi palsu, cek ke RS masih belum ada bukaan. 

Tgl 06 feb 2018
periksa ke dokter, kondisi masih bagus, kontraksi menguat tapi masih belum stabil, dokter jadwalkan tgl 09 harus sc jika belum ada kontraksi alami yang intensif. Tapi masih ada harapan karna ternyata sudah mulai bukaan 1.

Cek ke dokter jam 18.30 (bukaan 1)
Pulang nyampe rumah jam 20.00
Ikhtiar biar bukaan maju sampe lengkap, gymball, senam, makan kurma, nanas, afirmasi positif, ikhlas apapun yang Allah takdirkan. 

Kontraksi makin kenceng, malam itu udah ga bisa tidur lagi, kontraksi per 15menit, per 10 menit, sampe 2-3x kontraksi dalam 10 menit , saya catat kontraksi pakai aplikasi dari bidankita namanya Kontraksi Nyaman, ada afirmasi dari bidan Yessi saat kontraksi. Aplikasi nya sudah WARNING untuk segera ke RS karna kontraksi sudah berpola 3-1-1 ( kontraksi selang 3 menit sekali dengan durasi 1 menit sudah diobservasi dalam 1 jam).

Tgl 07 
Jam 01.00 usaha tidur eh malah pecah ketuban siap2 ke RS

Jam 02.30 cek Bukaan 4
Jam 05.30 si soleha lahir dengan selamat 
Lanjut IMD sampe puas 😁 alhamdulillah

Sebelum ke RS sempet makan kurma , selama proses bersalin minum zamzam, bahkan disela ngeden juga minum karna kering banget tenggorokan (nafas dalam keluar dari mulut ). Alhamdulillah suami setia dampingi sambil ngasih minum, bantu elus2 saat kontraksi , ibu nunggu di luar depan pintu sambil jagain si Abang yang ketiduran di stroller. 

Memang jika Allah berkehendak maka tidak ada yang bisa menghalangi.
Saat nyampe RS jam 02 dokter ku sama sekali ga bisa dihubungi, bidan dan dokter jaga udah panik banget karna progress bukaan sangat cepat, sempet ditawari epidural dan ganti dokter lain, tapi Aq ga mau karna 99% bisa berakhir sc lagi, wong cuma dokter 1 itu aja yang mau bantu vbac di RS itu πŸ˜… jadi bertahan, berprasangka baik, Aq bilang ke bidan, Bu dokter InsyaAllah bentar lagi bisa dihubungi karna pasti beliau bangun solat subuh. Lumayan dramatis emangπŸ˜… waktu bayi nya lahir dokter dan semua orang kaget ternyata bayi nya besar 3,74 kg padahal dokter prediksi hanya 2,9kg bahkan beliau sempet bercanda kalo tau sebesar itu langsung saya SC aja πŸ˜…. Alhamdulillah itulah takdir indah dariNya. 
Kalo ditanya gimana rasanya? 
Lega , legaaaaaaaaaa banget , syukur tak terkira😘 bahagia bisa mengusahakan VBAC yang Gentle Birth, minim trauma😘

Jadi buibu yang mau VBAC jangan takut! Berdayakan diri ikhtiar pantaskan diri, prasangka baik sama Allah, tapi ingat bagaimanapun ikhtiar kita harus ikhlas terima bagaimanapun hasilnya yang nanti Allah pilihkan, InsyaAllah itulah yang terbaik. 

Semangat para pejuang VBAC !😘😘😘



Medan, 23 Maret 2018
_Farah Kurniawati_

12 komentar:

  1. Aslm.... Mbak Farah, selamat y buat kelahiran putri keduanya. Ceritanya Alhamdulillah inspiratif banget. Kebetulan sy anak pertama SC, ini lagi hamil anak kedua 33w dgn jarak kelahiran dgn anak pertama nanti i.allah 3,8 bulan. Sy ngebet banget vbac, cm dokter d tmpt tinggal saya (Gayo Lues) gk kasi izin. Boleh info dong dokter yg bantu mbak vbac dl siapa dan d mn? Trims info ny mbak 😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

    2. Alhamdulillah.. maaf baru sempat balas
      Saya VBAC di Medan sama Dr. Khairani di RS Murni Teguh. Temen saya ada yg vbac sama bidan eka Sriwahyuni di medan.
      Tetap semangat buat vbac ya, jangan lelah cari nakes yang dukung vbac disana, baik dokter atau bidan.

      Semoga Allah berikan kemudahan dan VBAC nya sukses aamiin

      Hapus
    3. kalu bleh tau bidan eka sriwahyudi di mana iya mabk alamatnya? saya juga medan rencana mau vbac

      Hapus
    4. Jalan anugerah mataram no 2 bun.
      Dekat jalan pelajar timur.
      Kalo tau griya/perumahan UNIMED, nah dekat2 situ.

      Hapus
  2. Ya Allah semoga aku bisa ya mba melahirkan normal, skrg usia kandungan 38w,jarak sama abg'a 7tahun,saat ini sudah mulai berasa ada tekanan kuat di perut bag bawah, mungkin debay'a sdg mencari jln lahir, sya juga bertekad untuk vbac, dokter masih netral saat ini, kata dokter boleh ditunggu kontraksi alami sampai 40w yaitu 13 sept, sya jg sering jln pgi, goyang inul, jongkok berdiri, tinggal menunggu gelombang cinta itu dtg, mdh2an Allah mendengar doa2 ku agar dilancarkan dan dimudahkan persalinan normal'a, alhamdulillah suami dan keluarga mendukung niatan saya tuk vbac

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga Allah mudahkan VBAC nya ya aamiin. persiapan fisik dan mental udah ok, jangan lupa tetap tawakkal dan ikhlas atas takdirNya nanti ya, Insya Allah telah Allah pilihkan jalan terbaik :)

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum . Mba.. Alhamdulillah nemu blog nya. Sy mau rencana vba2c ni.. Hehe, padahal due date nya seminggu lg.. Tadinya Rencana mau sm bidan Eka, tp biar lbh safety klo bisa d rs aja, tp blm nemu dokter yg support, mudah-mudahan Dr. Khairani bs bantu ya..
    Qodarullah ikhtiar mbak nya hampir sama kyk yg sy jalanin..
    Oya mba klo boleh tau biaya lahiran normal d rs murni teguh berapa ya, trus pelayanan nya gmn.. Atau mbak nya punya no wa kah, klw berkenan sy mau chating sama mbak..

    BalasHapus
  4. Maaf bunda, mau tanya minimal untuk VBAC itu harus jarak lbh dr 3tahun ya? Saya rencana program hamil lg diusia anak pertama 2thn nnti jadi kalo mmg dikasi Allah 3thn adiknya sudah lahir.. apakah bs??

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Mba lahiran vbac nya sama dr siapa dan di RS mana? Mohon infonya mbaπŸ™

    BalasHapus