Jumat, 06 April 2018

#3 Lewat HPL

7 Masalah Hamil&Melahirkan Serta Cara mengatasinya #3

#3 Lewat HPL

Akhir kehamilan biasanya dibatasi dengan HPL (Hari Perkiraan Lahir) atau EDD (Estimate due date). HPL bisa dihitung menggunakan rumus HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) atau menggunakan USG. Rumus HPHT cocok untuk ibu yang siklus haid nya teratur 28 hari. Jika haid tidak teratur maka lebih efektif perkiraan EDD menggunakan USG pada awal kehamilan (13 minggu). Usia kehamilan cukup waktu (atterm) antara 38 - 42 minggu, artinya itu waktu yang pas untuk melahirkan. Jika melewati 42 minggu maka disebut postterm. 
Rumus menghitung HPL dari HPHT adalah 
Tanggal +7, bulan -3 (atau +9), tahun +1 (atau tetap).

Berdasarkan pengalaman saya, waktu hamil anak pertama  Saya ingat tgl hpht ya namanya juga pertama ya,tapi hamil anak kedua saya ga yakin kapan tepatnya hpht 😅. Dua kali hamil semuanya lewat waktu HPL, yang pertama lahir pada 40w3d dan yang kedua pada 41w. Ya mungkin metode hitungan HPHT ini memang kurang cocok buat saya karna siklus lebih dari 28 hari. Makanya tiap periksa ke dokter, di keterangan nya EDD bisa berubah terus, kalo liat di usg berdasarkan ukuran janin. Tapi katanya memang cuma 5% yang melahirkan tepat pada HPL, wow ! Namanya juga Hari Perkiraan lahir bukan hari pasti lahir kan ya 😁

Nah hamil lewat waktu (postterm >42w) beresiko pada kesejahteraan janin bahkan sampai menyebabkan kematian janin. Kalo istilah awam nya ‘plasenta tua’ jadi tidak bisa lagi menyalurkan nutrisi buat janin. Makanya biasanya dokter menyarankan pemeriksaan rutin per 2 minggu, per minggu atau lebih sering lagi jika hamil sudah lewat tanggal HPL. Hamil lewat HPL juga mempertinggi kemungkinan persalinan operasi SC atau persalinan normal dengan banyak intervensi misalnya induksi, vakum, forcep, dsb karena berat janin yang besar.

Kalo saya dulu sebenarnya masih bisa dibilang cukup bulan karna belum lewat 42 minggu tapi waktu anak pertama katanya sih ketuban sudah berubah jadi harus induksi dan dinyatakan gagal induksi harus sc😭. Alhamdulillah waktu anak kedua dapet dokter yang lebih sabar, hanya sejak HPL saya diharuskan datang per 3 hari untuk pemeriksaan kesejahteraan janin (cek ketuban, plasenta, denyut jantung janin, gerakan janin) sampai akhirnya datang gelombang cinta secara alami dan bisa melahirkan normal, yeay 😘. Bayi saya lahir dengan rambut lebat, kuku panjang dan kulit yang kering keriput, waktu saya tanya ke dokter kenapa gitu jawabannya santai aja ‘namanya juga wes tuek di dalam’ 😅 jadi masih hal wajar ya buibu.

Jadi yang harus dilakukan jika hamil lewat HPL adalah tenang, sabar, tawakal, toh sangat sedikit sekali ibu hamil yang melahirkan tepat pada HPL. 
Terus perhatikan kesejahteraan janin, gerakan minimal 10 kalo sehari, cek denyut jantung, ketuban, ukuran janin dsb. Tetap ikhtiar untuk induksi alami ya untuk memancing datangnya gelombang cinta alias kontraksi. Tentang induksi InsyaAllah dibahas pada tulisan selanjutnya ya. 

#HijrahParenting 
#challengesepekanbercerita
#CeritaHijrahDay3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar