Rabu, 04 April 2018

#2 Janin Sungsang

7 Masalah Hamil&Melahirkan Serta Cara mengatasinya #2

#2 Janin Sungsang 

Lanjut ke masalah ke-2 yang umumnya ditakutkan para ibu hamil adalah posisi janin sungsang. Saat ini jika diketahui posisi janin sungsang kebanyakan dokter akan menjadwalkan operasi sc dengan alasan resiko tinggi jika dilahirkan secara normal per vaginam. Keadaan ini tentu saja sangat tidak menguntungkan bagi ibu dan bayi.Tapi tenang, jangan galau yah , InsyaAllah ada jalan untuk mengatasinya. 

Dari berbagai referensi dibahas bahwa beberapa cara memperbaiki posisi janin sungsang. Yang paling populer adalah dengan rajin sujud selama 10 menit. Pose ini dipercaya bisa memberi ruang lebih bagi janin untuk bergerak memutar ke posisi yang seharusnya. Pengalaman saya hamil anak pertama sempat sungsang lalu disarankan dokter banyak sujud alhamdulillah berhasil. 

Dari buku Amani Birth dan akun bidankita juga ada dibahas tentang mengatasi sungsang dengan akupuntur (pakai jarum) dan accupresure (pakai tekanan). Lebih lanjut bidan Yessi Aprilia (bidankita) yang ber’aliran’ Gentle Birth&hypnobirthing juga menyarankan yoga (gerakan khusus untuk sungsang), afirmasi positif, relaksasi hypnobirthing, berenang, menstimulus janin untuk turun dengan menyinari perut bawah. Katanya bisa juga diputar dari luar tapi harus dilakukan oleh dokter kandungan yang punya keahlian khusus ini yah, dan tidak disarankan dipijat sama tukang pijat karna cara ini kalo salah-salah bisa berakibat fatal. Mau pakai cara yang manapun harus utamakan keselamatan ya, konsultasikan pada ahlinya, InsyaAllah yang janin nya terlanjur posisi sungsang , masih bisa diusahakan jadi posisi kepala dibawah, bahkan sampe menjelang akhir kehamilan, yang penting usaha dulu ya jangan langsung pasrah aja.

Nah gimana biar janin nya ga sampe sungsang, antisipasi nya seperti yang dibahas #1 bumil harus rajin senam hamil, prenatal yoga terutama gerakan ‘Creating Space’, biasakan duduk dengan benar, tulang punggung tegak dan jangan menyilangkan kaki! InsyaAllah cara-cara ini bisa mengoptimalkan posisi janin. 

Masalah #2 cukup dulu kayaknya ya, kejar setoran nih untuk cerita #3 dan seterusnya. InsyaAllah selanjutnya mau bahas tentang Induksi, lewat HPL, Persalianan tanpa robekan dan tentang SC. 

#HijrahParenting 
#challengesepekanbercerita
#CeritaHijrahDay2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar