Senin, 02 April 2018

7 Masalah Hamil&Melahirkan Serta Cara mengatasinya #1

Berhubung saya baru melahirkan , mumpung masih anget di ingatan saya, jadi saya pilih tema seputar hamil & melahirkan untuk mengikuti chalenge sepekan bercerita dari Hijrah Islamic Parenting. Dalam 7 hari ini InsyaAllah saya akan menulis 7 Masalah Hamil&Melahirkan serta Cara Mengatasinya. Peringatan : tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi dan wawasan saya (yang sangat terbatas) dari berbagai sumber, bukan hasil penelitian ilmiah ya, tapi InsyaAllah sudah terbukti dan bukan mitos.

Hamil&Melahirkan Serta Cara mengatasinya

#1 Kram, Pegal & Sesak
Masalah paling umum dirasakan Ibu hamil adalah Kram & pegel terutama di pinggang. Biasanya keluhan ini makin terasa seiring kian membesarnya kehamilan. Makin hari perut makin berat dan susah bergerak, serba salah deh rasanya. Waktu kehamilan pertama, saya merasakan keluhan ini pada Trimester akhir menjelang lahiran, tapi kehamilan kedua sudah mulai terasa sejak baru masuk trimester kedua. 

Di kantor ruangan kerja di lantai 3 mengharuskan turun naik tangga, sampe ke ruangan jadi pengen duduk leyeh-leyeh di kursi. Ternyata posisi duduk dan berdiri yang salah malah bisa memperburuk keluhan pegel. Kata bidan Yessi bidankita, duduk yang benar itu diatas tulang duduk bukan diata tulang ekor, jadi tulang punggung nya tegak. Berdiri juga harus tegak dan buka bahu untuk menghindari sesak. 

Kalo hamil pertama dulu tiap curhat nyeri atau pegel ke dokter dikasih obat, tapi hamil kedua ini saya lebih berdayakan diri. Saya praktekan juga ilmu dari Bidan Mugi untuk mengatasinya dengan gerakan shalat. Gerakan shalat? Iya Gerakan shalat ! Terutama rukuk & sujud. Lebih optimal jika dilakukan minimal 3 menit. Awalnya berat banget nahan 3 menit, lama-lama jadi biasa. Bisa dilakukan di dalam atau diluar shalat. Gerakan sederhana ini bisa meringankan sakit punggung lho. 

Untuk mengatasi kaki kram, jangan kelamaan berada di satu posisi, misalnya kalo kerja duduk, sekali- kali berdiri dan jalan-jalan, saat duduk juga saya biasa menaruh kaki di atas box atau apa aja biar lebih nyaman. 

Perut yang makin besar juga menyebabkan sesak. Kalo tipsnya bidan kita, untuk mengatasi sesak bisa dengan gerakan yang membuka dada dan tukang belikat ditarik ke dalam biar nafasnya lega. Kadang terasa sesak saat tidur, bisa diatasi dengan posisi tidur miring ke kiri atau ke kanan, ingat ya ibu hamil jangan tidur terlentang! Kalo saya tidur pake bantal hamil, jadi posisi badan tidak meringkuk dan perut bisa disanggah bantal jadi terasa lebih nyaman. 
Oh ya rutin melakukan senam hamil atau prenatal yoga juga efektif mengurangi keluhan-keluhan ini. InsyaAllah. 

Baru masalah #1 semoga bermanfaat buat bumil. Dan semoga saya Istiqomah lanjut ke cerita #2 dan seterusnya 😃 
Baru tulisan seadanya belum ada gambar menarik, maafkeun 😅🙏

#HijrahParenting 
#challengesepekanbercerita
#CeritaHijrahDay1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar